Friday 28 July 2017

Tutorial Membuat Tower Triangle

Tags



Tutorial Membuat Tower Triangle
Jika anda ingin memasang internet pada daerah terpencil atau pegunungan. anda pasti akan disarankan oleh ISP untuk menggunakan wireless yang biasanya menggunakan konsep point-to-point. mungkin beberapa dari anda belum begitu Mengenal Tower TriAngle
Tower TriAngle sendiri adalah sebuah alat yang sering kita jumpai di sekitar kita. alat ini biasa kita jumpai di gedung -gedung tinggi maupun perkantoran, selain itu bisa juga kita jumpai di sekolah-sekolah maupun warnet. Tower triangle sendiri mempunyai fungsi yang sangat banyak. selain bisa kita gunakan untuk meletakkan atau sebagai tempat pendukung dalam instalasi jaringan internet, tower triangle juga bisa juga digunakan untuk antena radio amatir maupun antena lainnya.
Sekarang GemarOprek akan menjelaskan sedikit rinci mengenai tower triangel. Pengertian tower adalah sebuah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa dibuat yang bertujuan untuk menempatkan antena dan radio pemancar maupun penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. Sedangkan triangle merupakan bahasa Inggris dari segitiga, maka secara singkat tower triangle adalah menara berbentuk segitiga yang digunakan untuk menempatkan antena dan radio pemancar maupun penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. jadi definisi singkat dari Tower TriAngle adalah menara segitiga
ada berbagai spesifikasi produk yang digunakan dalam pemasangan tower triangle ini, ada yang menggunakan Galvanis ada juga yang tidak.
Istilah Galvanis atau Galvalum dipakai untuk membedakan jenis lapisan finishing atau coating pada baja ringan. Galvanis adalah istilah untuk baja ringan yang diberi lapisan seng (zinc). Untuk galvanis finishingnya terdiri dari: 98% unsur coatingnya adalah seng/zink dan 2% adalah unsur alumunium.
Galvalum merupakan sebutan untuk pelapisan yang mengandung unsur alumunium dan zinc, dipasaran popular dengan sebutan Zincalume. Untuk Galvalum finishingnya terdiri dari: 55% unsur coatingnya adalah aluminium, 43,5% adalah unsur seng/zink dan 1,5% unsur silikon.
Beberapa produsen mengklaim bahwa pada tebal pelapisan yang sama, Galvalum memiliki ketahanan terhadap karat yang lebih tinggi dibandingkan Galvanis.
Untuk menyamai kekuatan galvalum menahan karat, maka pelapisan pada galvanis dibuat lebih tebal. Seperti juga produk material lainnya, dipasaran beredar berbagai macam kelas material, pilihlah baja ringan dengan mutu material prima yang sudah teruji dilapangan.
Di dalam artikel ini, kami ingin berbagi sedikit tutorial pembuatan tower triangle. beberapa referensi gambar kami ambil dari 'blogke-bas.blogspot.com', semoga bermanfaat.
Tower triangle, merupakan jenis tower yang sebagian besar merupakan bentukan dari pengelasan besi. Namun pada jenis tower dengan sisi segitiga yang lebih besar biasanya mengunakan bolted atau dengan mur baut.


Berikut Tutorial lengkapnya.

==================================
Alat yang diperlukan :
• Meteran
 

• Electric Welding

 

• Siku

 

• Topeng las










• Alat potong beton












• Gergaji besi























• Jig Tower


Bahan :

• Besi Beton ukuran minimal 10mm ulir untuk besi kaki

• Beton minimal 8mm untuk besi diagonal & tangga

• Strip plat atau bei siku untuk penguat sambungan

• Pipa baja 1/2″
• Kawat Las


Langkah-langkah :
Awalnya bahan di pilih sesuai dengan pesanan.
Bahan besi dipotong secara presisi dengan alat khusus sesuai dengan ukuran yang ditetapkan.
Pada bahan mungkin ada beberapa yang masih bengkok, maka kita akan masukan kedalam rol untuk diluruskan.

Tahap selanjunya adalah pengelasan :
Pada tower standard yang type 13mm, 10mm & 8mm biasanya mengunakan tehnik pengelasan 3 tahap, yaitu :
1. Tahap perakitan pada jig atau mal, pada tahap ini besi dirangkaikan satu dengan yang lain dengan pengelasan titik, untuk menentukan bentuk dasar sebuah tower.


2.Tahap kedua yaitu setelah dilepas dari jig atau mal dengan pengelasan menyeluruh pada titik sambungan. Tower diputar 3 kali untuk mendapatkan pengelasan menyeluruh.


3. Tahap terakhir, setelah tower mengalami peneglasan menyeluruh, tower mengalami penghilangan kerak las, pada proses ini adalah merupakan tahap Quality Control. Dimana bagian yang belum terkena las dengan sempurna akan diperbaiki. 
   

Setelah selesai dengan pengelasan, maka tower kemudian di berikan dudukan mur baut pada ujung sambungan.
Tahap selanjutnya adalah finishing, nah finishing ada beberapa macam yaitu :
1. Painting, yaitu tower di cat dengan cat anti karat (zink cromate) sebagai cat primer, selanjutnya akan dilapisi dengan cat akhir, yaitu Dulux/Emco/Avian sebagai cat finishing.
2. Pilihan kedua adalah dengan galvanis, dimana ada dua type yaitu :
 *  Type Electrolisa, dimana lapisan galvanis diberikan lewat pelapisan dengan cara menyepuh besi tower tersebut dengan laipsan Galva, yang dilakukan secara electrolisa.
 *  Type Hot Dip Galvanil, dimana lapisan galvanil diberikan lewat pelapisan dengan cara mencelupkan besi pada larutan Galva cair ( minimal 460°C ).
 *  Pilihan ketiga adalah setelah digalvanil akan dilakukan pengecatan seperti pada bagian a di atas.

==================================

Sekian yang dapat kami sampaikan.
Apabila ada hal yang ingin didiskusikan, silahkan memberikan komentar di bawah ini. :)


EmoticonEmoticon